Kamis, 31 Januari 2019

Teknik dasar peancak silat

Teknik dasar peancak silat

1. Teknik Kuda-kuda

Hasil gambar untuk kuda kuda pencak silat
Teknik dasar pencak silat yang wajib dipelajari pertama yaitu, kuda-kuda. Dimana kuda-kuda sendiri merupakan sebuah sikap menapakkan kaki.
Selain itu, kuda-kuda ini juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan pada tubuh kamu saat menyerang maupun bertahan.
Di dalam teknik dasar pencak silat, kuda kuda terbagi menjadi 6 jenis, antara lain:
  • Kuda-kuda depan.
  • Kuda-kuda belakang.
  • Kuda-kuda tengah.
  • Kuda-kuda samping.
  • Kuda-kuda silang.
  • Dan, kuda-kuda depan serta belakang.

2. Teknik Sikap Pasang





Setelah kamu menguasai teknik dasar pencak silat yang bernama kuda-kuda, setelah itu kamu harus menguasai teknik selanjutnya yaitu, sikap pasang.
Sikap pasang adalah sebuah posisi yang dipadukan dengan kuda-kuda yang bersifat fleksibel sesuai dengan situasi menyerang maupun bertahan.
Disini kami akan menjelaskan 4 sikap pasang yang perlu untuk kamu pelajari jika mau menjadi pesilat, yakni:
  • Pasang Satu

Sikap pasang yang pertama kamu diharuskan untuk posisi badan tetap tegak dengan meletakkan kedua tangan disamping dalam keadaan yang siap, sedangkan kaki dibuka hanya selebar bahu.
  • Pasang Dua

Disini kamu dituntut untuk badan tetap dalam kondisi tegak serta kaki selebar bahu dengan kedua telapak tangan kamu mengepal tepat sejajar dengan pinggang.
  • Pasang Tiga

Sikap pasang yang ketiga badan tetap pada kondisi tegak lurus, dan kaki dibuka hingga selebar bahu, cukup untuk tangan diwajibkan diangkat sejajar mata sedang posisi dalam keadaan silang dengan kepalan tangan kebuka.
  • Pasang Empat 

Yang terakhir, seperti pada umumnya kaki harus dibuka hingga selebar bahu, tangan harus diangkat sejajar dengan mata kamu, sedangkan posisi silang dengan kepalan tangan kamu sudah dalam keadaan terkepal.

3. Teknik Pola Langkah



Teknik Pola Langkah
tokopedia.com

Pecak silat adalah gabungan antara kuda-kuda yang dipadukan dengan fleksibelnya langkahserta disempurnakan dengan pemahaman arah yang baik dan benar.
Agar gerakan kita tidak mudah untuk dibaca lawan, maka teknik dasar pencak silat berikutnya adalah pola langkah, yaitu perubahan tapakan kaki dari sudut ke tempat yang lainnya.

4. Teknik Arah



Teknik Arah
smknhnurulhuda.wordpress.com

Teknik yang selanjutnya bernama, teknik arah. Arah berhubungan dengan kemana pesilat akan melangkah saat dalam posisi bertahan maupun menyerang.
Hal ini lebih dikenal dengan nama delapan penjuru mata angin dalam persilatan di dunia. Yaitu dengan menyiapkan kuda-kuda samping, kaki kiri berada tepat di depan kaki kanan, serta badan harus berada dalam keadaan yang tegak lurus.

5. Teknik Tendangan



Teknik Tendangan

Teknik dasar pencak silat yang selanjutnya yaitu, teknik tendangan. Dan ini merupakan teknik yang tidak kalah pentinganya.
Pada umumnya terdapat 4 jenis tendangan pada pencak silat ini antara lain, Tendangan A, tendangan yang lurus kedepan, Tendangan C, tendangan dari samping, Tendangan T, tendangan dengan menggunakan telapak kaki, serta Tendangan Melingkar.

6. Teknik Pukulan





Hasil gambar untuk pukulan pencak silatSeperti olahraga bela diri lainnya, pencak silat juga mempunya gerakan pukulan. Dimana gerakan pukulan pencak silat bisa digunakan saat menyerang maupun bertahan.
Teknik dasar pencak silat yang satu ini mempunyai 4 jenis pukulan yakni, pukulan lurus, bandul, tegak serta melingkar.

7. Teknik Tangkisan



Hasil gambar untuk tangkisan pencak silat

Pencak silat adalah seni bela diri yang gak terus-menerus menyerang, tetapi bertahan juga dibutuhkan untuk meredam serangan lawan atau yang biasa kita sebut yaitu, tangkisan.
Tangkisan adalah usaha kita untuk mempertahankan posisi kita dari serangan lawan, terdapat 4 jenis tangkisan yaitu, luar, dalam, atas, serta bawah.

8. Teknik Kuncian



Hasil gambar untuk kunci pencak silat

Pada beladiri pencak silat ini gak hanya menyerang dan bertahan juga lhoo, tapi kita juga dapat mengunci pergerakan lawan.
Salah satu teknik dasar pencak silat ini juga wajib untuk kamu pelajari, umumnya teknik dasar yang kali ini mengincar ke bagian tubuh yang vital antara lain, pergelangan tangan, leher, serta dagu yang membuat lawan otomatis akan menyerah.

9. Teknik Guntingan





Hasil gambar untuk guntingan pencak silatSaat kamu sudah menguasi teknik dasar pencak silat diatas, teknik setelahnya yang juga bisa kamu pelajari yaitu, teknik guntingan.
Gerakan guntingan dapat dilakukan dengan cara menjepit seperti saat kamu lagi menggunting, dengan bagian tubuh lawan yang bertujuan agar lawan jatuh sekaligus bisa untuk menjatuhkan lawan.

10. Sikap Berbaring



Sikap Berbaring
tokopedia.com

Teknik dasar pencak silat yang terakhir adalah sikap berbaring yang biasanya dilakakukan oleh pesilat saat bertahan dari serangan musuh serta dalam kondisi terpojok.
Jadi, saat kamu terjatuh, kita masih ada kemungkinan untuk membela diri serta bisa mengembalikkan keadaan.
Berikut ini ada beberapa sikap berbaring yang perlu untuk kamu pelajari:
  • Sikap Miring

Teknik sikap miring dapat dilakukan dengan posisi tubuh miring serta pandangan lurus dengan membarengi  kaki menekuk sampai mendekati dada.
Sementara kaki yang lainnya dipakai sebagai penopang badan, dan salah satu siku tangan berposisi di permukaan lantai, serta tangan lainnya akan menopang paha.
  • Sikap Telentang

Teknik sikap telentang ini bisa dilakukan dengan tiduran telentang sambil kaki yang satu ditekuk dan satu kaki yang lainnya diluruskan.
Sementara salah satu tangan berada di tanah sambil siku kamu dibengkokkan, serta tangan lainnya bersiap di atas dada.
  • Sikap Telungkup

Teknik sikap berbaring yang terakhir adalah dengan cara telungkup serta pandangan lurus dan siap siaga.
Kaki keduanya diluruskan serta kedua tangan menyentuh lantai sambil siku dibengkokkan dengan sangat kokoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar